Selasa, 13 November 2012

Belatung pada Ternak


- Screw worm = belatung/pupa/set merupakan tahapan hidup urutan ke-2 setelah telur pada siklus hidup lalat. 
- Screw worm pada ternak sering menyerang pada kondisi ternak mengalami perlukaan (luka sobek, luka berdarah, luka setelah melahirkan).
- Luka yang terbuka memancing lalat untuk meletakkan telur di dalamnya, kita terkadang mengabaikan adanya kerumunan lalat pada ternak. Padahal itu bisa menjadi salah satu tanda adanya bahaya pada ternak kita
- Telur lalat yang menetas kemudian menjadi belatung yang menggerogoti daging/otot yg ada disekitarnya, menyebabkan lubang2 pada otot disertai dengan pembengkakan (oedema), luka yg selalu basah (leukosit bekerja keras untuk menanggulangi alien pengganggu itu) hiks :(



- Antisipasi merupakan langkah awal untuk mencegah kemungkinan timbulnya srew worm; dengan mengurangi populasi lalat menggunakan obat, lingkungan yg bersih dan tidak lembab.
- PAda ternak apabila mengalami perlukaan bisa dilakukan pembersihan luka (luka sobek, luka berdarah, luka setelah melahirkan) dengan antiseptik/antibiotik untuk mencegah lalat hinggap dan bertelur (BAGIAN INI KITA SERING LALAI). 
Khusus pada kasus setelah melahirkan ada baiknya si kambing dibersihkan bagian saluran kelahirannya dari darah dan lendir sisa melahirkan (dengan dimandikan lebih baik). Untuk bulu2 yg lengket bisa dipotong (pada kambing klangenan jika sayang untuk memotong bulu, urai bulu2 lengket menggunakan shampoo dengan telaten).
- JIKA luka telah berbau dan terdapat belatungnya, bagaimana..??? Pada Hakikatnya ternak kita mampu untuk menyembuhkan luka dengan sendirinya (selama tidak ada infeksi lebih lanjut dari bakteri, kuman, atau parasit). JADI KATA KUNCINYA adalah bagaimana caranya mengeluarkan parasit (belatung/set/screw worm) dari dalam luka secara total, sehingga ternak lebih cepat menyembuhkan dirinya ketika luka bersih.
- CARANYA..??? ada beratus cara, rekan2 semua pasti punya masing2 tekniknya. Tinggal dipilih saja antara "hanya mengeluarkan" atau "mematikan dan mengeluarkan". Lalat adalah insecta (serangga) jadi yg paling mudah adalah menggunakan INSECTISIDA
artikel ini bersumber dari postingan lukman farmer di grup  PETERNAK KAMBING INDONESIA

Tidak ada komentar:

Posting Komentar