Selasa, 19 Juli 2011

Mineral untuk Kesehatan Ternak

Ternak kesayangan kita memerlukan sejumlah mineral agar dapat tumbuh dan berproduksi secara normal. kandungan mineral pakan harus dapat memenuhi kebutuhan ternak. pemberian berbagai pakan hijauan akan saling melengkapi jika terjadi defisiensi mineral tertentu pada bahan tertentu. 
Ada dua jenis mineral, yaitu mineral makro (Ca, P, Na, Cl, K, Mg dan S) dan mineral mikro (fe, L, Cu, Mo, Zn, Mn, Cr, F, Ni, Co dan Se). kedua jenis mineral tersebut dapat dipenuhi dari bahan bahan pakan.
secara umum fungsi dari mineral adalah sebagai : 
1. penyusun utama tulang dan gigi
2. penyusun nutrisi organik, seperti lipid dan protein yang ditemukan dalam jaringan sel, otot dan organ tubuh
3. sebagai garam terlarut dalam darah, cairan tubuh dan berperan dalam mempertahankan hubungan osmotik serta keseimbangan asam-basa cairan tubuh.
4. bahan enzim, hormon dan subtansi lain yang di perlukan untuk metabolisme

Di lapangan biasanya sering dilakukan pemberian mineral campuran dalam berbagai bentuk (mineral blok ataupun curah). pemberiannya dengan cara di gantung dalam tabung ataupun di campur dalam pakan. tujuannya untuk menambahkan kandungan mineral jika terjadi defisiensi mineral tertentu pada pakan.
kekurangan mineral akan mengakibatkan beberapa penyakit pada ternak, yang sering terjadi adalah rapuh tulang, kelumpuhan (sering terjadi pada saat melahirkan), grass tetany dl.
kekurangan kalsium sering menyebabkan ternak mudah sakit, terutama cempe yg mengakibatkan kematian bagi ternak tersebut.pada kasus kekurangan mineral kalsium biasanya peternak mengatasinya dengan pemberian mineral kalsium pada ternak baik oral maupun injeksi. di bawah ini kami informasikan salah satu alternatif obat untuk mengatasi kekurangan mineral.
Calcidex Plus Print E-mail
NameCalcidex Plus
Calcidex Plus
DivisionVitamins & Minerals
Sub DivisionInjection
ClassMineral Ca, P, Mg
Compositionsetiap Ml masing-masing berisi: Kalsium glukonat 500 mg; Magnesium klorida 67 mg; 20,6 mg Natrium hypophosphite; asam 100 mg Borat.
IndicationsPengobatan dan profilaksis ternak yang disebabkan oleh kekurangan  kalsium, magnesium dan fosfor seperti: - demam susu (milk fever), kercunan rumput (grass tetany), eklampsia dan asidosis. - kelumpuhan (pra-melahirkan dan pasca-melahirkan).
Dosage- Sapi, kuda: 150 - 200 ml Calcidex Plus / 300-400 kg berat badan. - Domba, kambing, babi: 25 - 50 ml Calcidex Plus / 50-100 kg berat badan. - Anjing: 2-5 ml Calcidex Plus / kg berat badan 5-10. Hangatkan solusi hingga mencapai suhu tubuh ternak, suntik perlahan melalui intravena atau injeksi subkutan.
Precaution-
Packing-

bisa juga menggunakan kalk yg di campur pada komboran pakan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar