Minggu, 01 Mei 2011

Perkawinan Kambing

Artikel ini kami ambil dari grup Face Book Komunitas Penggemar Kambing PE, mengenai birahi atau sistim reproduksi pada kambing. Semoga bermanfaat.
Tanya : saya butuh masukan, ide, info untuk  masalah kambing yang tidak birahi-birahi setelah 8 bulan beranak. Kesalahan awal dar saya, setelah melahirkan umur 2 bualn indukan sudah birahi, tapi tidak saya kawinkan karena setahu saya uterusnya masih belum sembuh. Nah ternyata indukan ngambek dan tidak birahi-birahi sampai sekarang. Sudah saya dekatkan dengan pejantan tapi hasilnya nihil, ada yang bilang pakannya dikasih kecambah.
Jawab (CV> Bina Satwa Mandiri-Semarang) : Betina tidak berahi ada 2 kemungkinan,
1) karena bunting 
2) karena gangguan reproduksi.
Dari penjelasan Ibu/mba, betina berarti tidak dalam kondisi bunting. kemungkinan karena gangguan reproduksi (bisa karena adanya sel telur yang tidak mau luruh setela
h masa ovulasi, di sebut CLP... atau karena gangguan perimbangan hormonal sehingga berahi/tanda-tanda berahi sama sekali tidak terlihat).


Jika ternak nampak sehat dan hanya karena kegemukan, injek ovalumon saja, jika karena masih reproduksi, berikut langkah-langkahnya:

Cara instan:
injeksi PGF2 alfa, 2-3 hari akan nampak tanda berahi, tapi jangan dikawinkan dulu... bisa jadi sel telur yang menetap sedang berusaha di lepas dan diluruhkan. Karena telur tersebut sudah lama/kadaluarsa mending dibiarkan lepas saja. Injeksi lagi 4-5 hari kemudian, setelah 2-3 hari akan nampak berahi, silakan DIKAWINKAN.
Cara instan kadang tidak berjalan sesuai rencana bila ada ketidakseimbangan hormonal, sel telur tetap tidak mau lepas.

Treatment Berkelanjutan:
- cara 1 > injeksi oxytocine, untuk merusak perimbangan hormonal yang "memang" sudah rusak. lakukan injeksi lagi 5 hari setelah inj yang pertama. Tunggu 1 siklus (18-21 hari), jika sudah nampak tanda-tanda berahi, silakan dikawinkan.
- cara 2 > menggunakan spons vagina (spons progesteron). Pasang spons selama 14 hari, lalu dicabut... biasanya 2-3 hari akan nampak berahi, JANGAN dikawinkan (ini menunjukkan perimbangan hormol mulai membaik). Pasang spons lagi pada betina seminggu setelah pencabutan spons selama 12-14 hari, terus dicabut... 2-3 hari ada nampak berahi SILAKAN DIKAWINKAN.

ada yang menyarankan penambahan kecambah dalam pakan? SEHARUSNYA pemberian kecambah TIDAK HANYA pas ada masalah seperti ini saja, tetapi berikan berkala, terutama pada indukan setelah melahirkan untuk persiapan kesuburan organ reproduksi. Pada betina dara yang mau dikawinkan (berikan selama 1 minggu saja cukup, jika dana memadai bisa diberikan terus.. he..he..he..). Betina habis sakit (utk mengembalikan perimbangan hormonal).
Kecambah juga BAGUS untuk jantan sebagai peningkat kesuburan (manusia laki-laki juga perlu.. he..he..he..).
logika ilmiah paling mudah: kecambah adalah benda yang baru tumbuh, disana terkandung banyak zat/hormon yang dibutuhkan untuk tumbuh (baik tubuh atau sperma yang mau tumbuh).
Tapi bukan berarti hanya kecambah doank yang diberikan, pakan standar harian juga HARUS diberikan... kecambah adalah suplemen (kembali lg ke dana.. he..he..he..)

Jika ada yg membutuhkan alat/bahan yang berkait dengan teknologi reproduksi, kami (Bina Satwa Mandiri) juga menyediakan...

sukses untuk semua...
salam ternak

Tidak ada komentar:

Posting Komentar