Senin, 31 Januari 2011

Manfaat Ekonomis Insemenasi Buatan (IB)

Artikel ini merupakan cuplikan dari diskusi di Grup FB Komunitas Penggemar Kambing PE.

Bina Satwa Mandiri: Salam Peternak...
Mohon diijinkan memberikan sedikit pengalaman kami...
Dari apa yg pernah kami lakukan hingga saat ini, Kawin buatan (inseminasi buatan/ kawin suntik/IB) dari sisi ekonomis sangat menjanjikan...
1) Tidak membutuhkan Pejantan termasuk perawatannya yang kami kira jauh lebih mahal dibanding biaya pemeliharaan betina (karena digunakan utk pemacek maka pemeliharaan otomatis lebih intensif)
2) 1 Pejantan dalam sehari maksimal hanya mampu mengawini 4-5 kali (itupun jika dihitung awam, utk perkawinan berikutnya setelah yang pertama PASTI kualitas sperma yg disemprotkan lebih rendah dibanding yg paling awal / pertama... otomatis berdampak pada tingkat keberhasilan perkawinan). Dan baru dapat digunakan lagi untuk mengawini setelah 3-4 hari
3) INI YG PALING PENTING...! peternak sering melupakan adanya kemungkinan penyebaran penyakit karena penggunaan satu jantan yang dipakai mengawini betina yg berbagai macam/berbagai tempat. Kita tidak bisa memastikan betina / jantan tersebut selalu dalam kondisi sehat & BERSIH dari kuman / bakteri patogen. Sehingga ketika anak yg dilahirkan mengalami cacat / ketidaksesuaian dengan keinginan peternak, akan sulit memberikan penjelasan sejarahnya (INI YG SERING KAMI TEMUKAN)
4) IB dapat menghindari kemungkinan perkawinan dalam 1 garis keturunan (INCEST), karena perkawinan incest sangat merugikan karena anakan pasti mengalami kelainan DNA. Yang timbul adalah kecacatan/ penyakit turunan dan sebagainya. Biaya perawatan induk menjadi optimal jika tidak ada perkawinan incest... karena jika induk sehat, anak pasti sehat dan dengan kualitas yang lebih bagus.
5) anakan yang dihasilkan memiliki kualitas (hidup) yg lebih baik, karena dipastikan dari sperma pejantan yang unggul, terhindar dari penyakit menular dan lebih murah bila dibandingkan dengan memelihara pejantan.


Nizar Baasir
Saya sepakat dengan mas lukman, cuma kendalanya sekarang tidak ada sperma beku PE dari pejantan yg unggul.

Eko Wijoyo
Tapi kalau nanti benar benar berkembeng IB Etawa, harga etawa di pasaran pasti anjlok, bagaimana tidak, etawa sudah bukan sesuatu yang wah lagi.

Bina Satwa Mandiri
Salam peternak....Inseminasi buatan adalah teknologi yang sudah ada sejak tahun 1970-an akhir, saya kira keniscayaan itu pasti terjadi. Setiap adanya teknologi baru yg mempermudah & mampu memberikan hasil yg lebih baik tentu teknologi itulah yg akan di terima.
Teknologi inseminasi buatan memang muncul karena adanya beberapa kendala dalam perkawinan alami, terutama bila betina banyak & pejantan sedikit jumlahnya.

Berkaitan dengan anjlok atau tidaknya harga PE... saya kira kita harus sama sama berbesar hati untuk saat ini harga PE memang cukup tinggi. Karena sebenarnya kalau kami bilang tidak ada yang istimewa dari PE dibanding kambing jenis perah lainnya. Komposisi susu dan khasiat sebenarnya sama dengan susu dari kambing jenis apapun (kacang, jawa randu / bligon, saanen, dan sebagainya).
Seperti kita ketahui bersama kenaikan (tingginya) harga kambing jenis PE ini lebih banyak karena faktor kesenangan (kesukaan) dalam pemeliharaannya. Sebagai perbandingan adalah sama dengan kita memelihara burung berkicau atau booming tanaman hias sebangsa gelombang cinta dan rekan rekannya.
jadi akan ada masanya harga sesuai dengan pokok masalahnya ternak tersebut, untuk ternak kambing yaitu harga daging / produksi susunya.

Kambing PE adalah kenis kambing perah karena produksi susunya yang cukup tinggi (sama dengan kambing Saanen dan kambing perah Eropa lainnya), seiring dengan pemberian image berdasar kesukaan (kepala hitam lebih baik dibanding kepala coklat) dan tingginya potensi untuk di konteskan maka harga menjadi berkali lipat dari "sewajarnya".
Dulu ketika ternak ini masih beberapa saja di Indonesia, harganya lebih condong kepada kemampuan untuk produksi susu (sesuai peruntukkan kambing ini, jadi jika ambing bagus dan produksi tinggi maka itulah yg harganya lebih dibanding sesamanya).

Kalau ada yang bilang sekarang tidak ada sperma beku yg dari pejantan unggul, silakan di cek saja di Balai Besar Inseminasi Buatan (BBIB) ( singosari Malang, Ungaran Semarang, Lembang bandung). disana Anda sekalian akan bertemu dengan pejantan yang "tidak layak" dikonteskan (tidak layak karena hampir dipastikan pejantan juara kontes yang terbaikpun pasti akan dikalahkannya, baik kalah tampilan fisik atau kalah kualitas sperma & kejantanan).
Jika keunggulan yang dimaksudkan adalah Keunggulan Fisik (tampilan luar), maka SUDAH PASTI pejantan di BIB jauh lebih baik dari yang ada di peternak karena dari seleksi ketat.
Jaminan yg diberikan oleh pejantan unggul BIB adalah:
1. catatan sejarahnya si kambing jelas (jadi sangat bisa dihindari kawin sedarah)
2. Dipilih dengan performance tubuh yang bagus termasuk sejarah ibu-nya yang punya produksi sus tinggi (karena akan diturunan ke anak-cucunya)
3. Kualitas sperma menjadi rujukan utama untuk pejantan ini bisa masuk ke BIB, jika badan bagus kualitas sperma kurang baik DIJAMIN DIA AKAN DI DEPORTASI dari BIB.
4. Kejantanan pasti bagus, karena hanya jantan dengan kejantanan bagus yang bisa diambil spermanya, banyak jantan dengan tampilan fisik bagus dia tidak bisa mounting (menaiki betina) atau dia minder pada betina sehingga tidak mau mengawini. Sebagaimana diketahui dalam kelompok ternak selalu ada 1 JANTAN superior (jawara/preman) , yang dia berhak menjadi pemimpin pada kelompoknya (pimpinan bagi baik jantan/betina lain).

Agus Etawa-klirong
yang jadi masalah sekarang kalau menurut saya yaitu para petani sendiri enggan ib karena tidak bisa melihat induk jantan nya secara langsung yang akan meng sugestikan akan kawin langsung lebih baik dari ib..

Bina Satwa Mandiri
kasusnya sama dengan sperma beku pada sapi, utk bebrapa hal, seperti lokasi jauh, peternak memang tidak dapat melihat pejantannya.
Sebagai sebuah lembaga yang "menjual/berjualan" sama dgn pedagang pedagang umumnya. BBIB harus mempertahankan kualitas untuk mempertahankan konsumenya, saya kira terlalu naif jika BBIB 'berani' menurunkan kualitas dan mengorbankan konsumen pembelinya.
Saran saya, jika menginginkan di IB, mintalah pada inseminator Gambar pejantan yang akan disuntikkan sperma bekunya ke indukan Anda. Inseminator wajib memberikannya.

Etawa Tangerang Farm Tangerang
yupp kisaran harga perlengkapan IB brp harganya? jika sudah ada perlengkapan bari kita bisa IB Jika tidak akan sangat merepotkan untuk meminta bantuan inseminator...

Bina Satwa Mandiri
 harga komplit alat IB sekitar 2,1jt. Kami bisa berikan pelatihan (privat, tdk utk komersial) teknik IB utk keperluan IB ternak kepunyaan sendiri

Sarostha Farm
Telah lama kami meminati teknik IB untuk Kambing, yang selalu menjadi kendala adalah penggunaan Sement Beku. Mungkinkah IB untuk "Kambing Kepunyaan sendiri", di lakukan tanpa Sement Beku. Kami sangat mengharap Pencerahaan dari Boss, agar hari mendung berubah jadi Cerah hahahha-- Salam Hormat

Bina Satwa Mandiri
Yth. Sarostha Farm
IB menggunakan kambing kepunyaan sendiri "sangat bisa" dilakukan.
Syarat utama:
1. Punya Pejantan yang bagus (menurut yang punya) untuk di tampung spermanya. Syarat bagus / tidak sperma dan layak / tidak sperma untuk di IB-kan nanti diamati lebih dulu secara mikroskopis.
Sperma hasil tampungan akan di encerkan untuk dibagi sebanyak betina yang ada.
2. Inseminasi dilakukan dalam hari yg sama setelah penampungan sperma pejantan tersebut.
3. cara IB semen cair / segar adalah sama dengan menggunakan IB semen beku.

Bagi yang tertarik untuk "berlatih" teknik IB (private) silakan kontak nomor kami di 081808153767 atau 085640954548
Tidak kami pungut biaya untuk setiap pengetahuan dan teknik yang kami ajarkan, kecuali GANTI BIAYA TRANSPORT PP dari tempat kami di Semarang ke Tempat Anda...
Kami yg akan hadir ke tempat Anda, karena beberapa perlakuan alat menyesuaikan dgn lokasi.
Itu sedikit tentang manfaat ekonomis IB
Sementara itu yg bisa kami bagikan dari kami CV Bina Satwa mandiri (CV BISMA)
untuk tahu lebih lengkap siapa kami silakan kontak kami di 024-70248767 (kantor) atau 081808153767 (lukman)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar